Bagaimana Menjalin Hubungan Jarak Jauh ??

Di zaman globalisasi yang tak lagi mengenal batas jarak dan waktu, kerap kali kita menemui adanya sebuah hubungan percintaan yang mengharuskan mereka menjalaninya secara jarak jauh. Entah karena alasan pendidikan dan pekerjaan, hubungan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan LDR (Long Distance Relationship) ini menjadi sebuah hal yang biasa.

Memang jika kita mampu menjalani dan menyikapi hubungan ini dengan baik, maka ending yang bahagia akan mampu kita peroleh seperti apa yang sebelumnya kita dan pasangan kita inginkan. Akan tetapi, tidak jarang juga ada hubungan cinta jarak jauh yang harus berakhir di tengah jalan karena masing-masing sudah mengalami rasa jenuh, was-was, dan serba tidak nyaman untuk melanjutkan hubungan seperti itu.

Masalah kecil bisa menjadi sumber konflik yang serius jika kita tidak bisa menjaga hubungan cinta kita masing-masing dengan baik. So, bagaimana caranya agar hubungan jarak jauh kita tetap terjaga dengan baik?

1. Jaga kepercayaan.
Kepercayaan terhadap pasangan sangat mutlak dibutuhkan dalam LDR. Dengan sikap yang saling percaya antara satu dengan lainnya akan membuat perasaan kita menjadi nyaman dan tenang. Kita akan selalu berpikiran positif jika pasangan kita memang bisa diandalkan dan selalu setia menjaga cinta dan sayang kita masing-masing.

2. Buat sebuah komitmen.
Membuat komitmen terhadap hubungan yang sedang kita jalankan sangat penting terutama jika kita menjalaninya secara jarak jauh. Pasangan kita butuh kepastian tentang bagaimana jadinya hubungan kita ke depannya. Apa yang ingin kita wujudkan dari hubungan ini? Apa yang ingin kita capai dari hubungan kita ini?
Dengan hadirnya sebuah komitmen akan membuat perasaan kita selalu terikat dengan pasangan. Kita memiliki arah tujuan yang jelas ketika menjalin cinta. Sehingga, hubungan cinta kita ini bukan lah sebuah pelampiasan emosi muda biasa, melainkan sebuah sarana untuk menyatukan kehidupan kita dan pasangan kita dalam ikatan cinta untuk selamanya. Kita pasti menikah untuk hidup bahagia bersama pasangan dan anak-anak kita. Indah bukan?

3. Jaga selalu komunikasi.
Di saat kita terbentang jarak yang jauh dengan pasangan kita, cara yang paling ampuh untuk tetap menjaga keutuhan cinta kita adalah dengan tetap menjaga intensitas komunikasi. Jaga lah frekuensi komunikasi kita dengan pasangan secara baik. Jangan terlalu sering agar tidak bosan dan jangan terlalu jarang agar kita bisa saling berbagi kabar dan tidak menaruh rasa saling curiga.

4. Jangan mudah termakan gosip.
Dalam menjalani hubungan jarak jauh, kita jangan sampai mudah termakan oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Gosip murahan yang tidak jelas bisa menjadi pemicu keretakan hubungan dengan pasanga jika kita tidak pandai-pandai untuk menyikapinya. Lebih baik, tanyakan secara langsung kepada pasangan kita terkait kebenaran berita tersebut agar kita mengetahui jawaban yang sebenarnya, tidak lagi menaruh curiga, dan selalu berprasangka buruk karena gosip tersebut.

5. Kenali lingkungan dan teman pasangan kita di sana.
Usahakan kita mengetahui seperti apa lingkungan pasangan kita berada. Dengan mengunjungi tempatnya, kita akan merasa lebih nyaman dan tenang dengan keadaannya. Kita tidak akan lagi menaruh rasa gelisah kepadanya.
Dengan mengenal lingkungannya secara baik juga kita akan membuat kita sedikit banyak mengetahui siapa saja teman-temannya. Jika kita sudah dekat dan mengetahui seperti apa dan bagaimana karakter teman-teman pasangan kita, kita akan lebih mudah memantau bagaimana kira-kira kehidupannya di sana. Kita juga akan lebih mudah mengendalikan diri dari hal-hal buruk yang bisa merusak hubungan kita.

6. Luangkan waktu khusus untuk bersama.
Saat kita menjalani LDR, otomatis waktu kita untuk saling berduaan akan terpangkas habis. Jangan sampai karena alasan jarangnya bertemu dan menghabiskan waktu bersama akan membuat cinta dan sayang di antara pasangan kita memudar. Karena itu, usahakan kita memiliki waktu khusus untuk berduaan bersamanya. Tidak harus bertemu secara langsung untuk bepergian ke suatu tempat. Kita juga dapat memanfaatkan sarana komunikasi seperti sms, telpon, chatting, video call, dsb untuk bisa saling mencurahkan rasa rindu bersama.
Hubungan cinta jarak jauh memang terlihat sulit untuk dijalani. Namun, jika kita memiliki niat dan tekad yang kuat untuk selalu bersama, pasti segala kesulitan yang menghadang akan mampu teratasi dengan baik. Hingga pada akhirnya, hanya ada kita dan pasangan kita lah yang akan selalu hidup berdampingan dalam ikatan cinta selamanya. Bersemangat, karena cinta juga butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai hasil yang bahagia!

————————————————

Sumber;Inspirasi Kecilku  

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Kita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s