Khasiat Bawang Putih

Selain berguna sebagai penyedap masakan, bawang putih ternyata juga berkasiat untuk berbagai hal yang berbau mistik…

 Bawang Putih (lillaceae) sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan sudah menjadi barang konsumsi sehari-hari, khususnya bumbu dapur. Namun jarang yang mau mengkaji kegunaan barang satu ini, baik dalam tinjauan mistik maupun kesehatan.

Khasiat Mistik

Bawang putih, yang dalam bahasa minahasa juga dikenal dengan sebutan lasuma mawura, dikenal sangat ampuh untuk mengusir hantu, dedemit atau makhluk halus lainnya. Pasalnya, aroma sulfur yang menyengat yang dikandung oleh bawang putih itu sangat mengganggu bagi makhluk halus, di daerah nanggroe aceh darusalam (aceh-red), bagi wanita yng tengah hamil dan ingin keluar rumah untuk suatu keperluan, khususnya pada malam hari, maka amat dianjurkan untuk membawa bawang putih (bawang puteh-aceh) dan benda lain yang mengandung besi atau tembaga. Maksudnya tak lain, untuk menghindarkan diri dari gangguan roh halus yang sering disebut burong beh aneuk, yamg suka mengganaggu orang yang sedang hamil dan suka berjalan atau berada di luar rumah pada malam hari.

Dapat di pastikan, akibat dari gangguan makhluk halus tersebutr maka si wanita yang tengah hamil akan mengalami keguguran atau pendarahan yang teramat hebat. Dan satu-satunya jalan untuk menghindarkan diri dari gangguan tersebut adalah menggunakan cara yang tersebut di atas.

Selain untuk itu, bawang putih juga dapat dipakai untuk menghindarkan diri dari serangan binatang berbisa, ular misalnya. Sebab binatang yang satu ini amat takut dengan aroma bawang putih. Bila binatang melata ini sampai menciumnya, maka tubuhnya akan menjadi kaku (krukot-aceh)

Khasiat Medis

Hasil penemuan atas penelitian yang di lakukan oleh Cavalito dan Bailey pada sekitar tahun 1994, sungguh benar-benar mencenggangkan. Ternyata dari ekstrak bawang putih tersebut di temukan di temukan sejenis sentawa alisin yang terdiri dari beberapa jenis kimiawi yang di namakan sulfidas. Sementara kimiawi yang paling banyak dalam senyawa alicin adalah alil sulfida. Dan alilin sendiri adalah sejenis asam animo yang mempunyai kekuatan anti biotik.

Selenium dalam senyawa sulfidasa bersipat antioksidan. Selain itu, prostagladin sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, tumor, keracunan hati,dan mengontrol kadar alkohol.

Dan apabila di komsumsi 4gram perharinya, maka akan dapat mencegah sel kanker postpat. Oleh karena itu jangan heran jika dibeberapa negera seperti Cina, India, dan Mesir sangat tinggi pemakaian bawang putihnya.

Hal ini tampak dengan jelas, di India misalnya, bawang putih dipergunakan orang sebagai sterilisasi terhadap luka borok yang sudah lama. Sedangkan masyarakat Cina meyakini, bawang putih akan membuat umur menjadi panjang. Oleh karena itu, dalam setiap masakannya, bawang putih adalah bumbu yang tidak boleh tidak harus selalu ada.

Untuk obat sakit gigi,  ambil satu siung bawang putih lau tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak makan, lalu olehkan pada gigi yang sakit.

Untuk mengobati penyakit kulit, seperti panu, kurap dan eksim. Tumbuk bawang putih bersama dengan umbil lengkuas (laos-red), oleskan pada bagian yang sakit selama tiga hari atau seminggu.

Untuk mengobati impotensi, haluskan bawang putih dan bawang perah secukupnya. Bubuhkan  telur ayam kampun, lalu masak hingga matang. Ramuan ini dimakan tiap hari sampai sembuh.

Maka amat dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi bawang putih pada setiap harinya, selain merupakan penjagaan diri dari gangguan makhluk halus juga untuk kesehatan badan. Selamat mencoba.🙂

Pos ini dipublikasikan di Seputar Kita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s